Jumlah pengunjung

Selamat Datang di BLOG RUMAH BELAJAR PANDAWA

Selasa, 29 Maret 2011

PANDAWA (Papan Pendidikan kawula)



PANDAWA (Papan Pendidikan kawula) adalah sebuah lembaga yang tercipta dari rasa semangat serta kesadaran generasi muda yang ingin mengabdikan diri kepada masyarakat dan bangsanya melalui media pendidikan. Upaya membantu mencerdasakan generasi bangsa melalui pendidikan merupakan suatu tujuan yang agung serta di amanatkan dalam undang-undang dasar 1945.
Terbentuknya lembaga pendidikan seperti PANDAWA adalah salah satu jalan untuk membuka beragam ruang-ruang sosial yang mengolaborasikan semua ragam yang ada untuk menjadi sebuah kebersamaan dan keanekaragaman perspektif kelompok-kelompok sosial, untuk mendapatkan pendidikan yang setara dan berkualitas.
Gaya hidup hedonis dan oportunis yang melanda kehidupan masyarakat, masing-masing individu tidak mau tahu dengan kehidupan orang lain dan semakin menggila dengan dunianya sendiri. Seakan tidak sadar bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan mampu bertahan hidup tanpa orang lain.
 Realitas sosial ini berimplikasi pada munculnya suatu anggapan  bahwa tujuan seseorang untuk belajar adalah setelah lulus bisa mendapatkan pekerjaan dan menjadi orang kaya, cara pandang masyarakat terhadap  terhadap nilai-nilai pendidikan sangatlah keliru sebab tujuan dari pendidikan adalah mencerdaskan generasi negeri serta menghilangkan kebodohan.
Jika kita dibenturkan pada suatu kenyataan  di abad mutakhir ini, yang mempunyai persepsi bahwa ukuran  dari tingkat yang paling urgen tak lain hanyalah perihal tentang pemenuhan kebutuhan material semata. Sedagkan ukuran keberhasilan penyerapan ilmu ditentukan pada saat ujian akhir dan dalam wujud angka-angka. Fenomena tersebut berjalan terus menerus.
Untuk meminimalisir kondisi semacam itu, maka Kami selaku mahasiswa dan alumni IAIN Sunan Ampel Surabaya berusaha memberikan Problem Solvingnya melalui kegiatan pendidikan kepada semua lapisan masyarakat dalam rangka mensukseskan amanat undang-undang dasar 1945 serta mengaplikaskan tridarma perguruan tinggi.
Ilmu mempunyai kedudukan yang amat tinggi dalam islam, kedudukan ini tidak terlepas dari ilmu bagi manusia, islam memandang ilmu pengetahuan di ciptakan agar manusia mengenal Allah, dirinya sendiri, dan menjadi sarana bekal manusia dalam melaksanakan tugasnya mengabdi pada Allah, maupun dalam mengelola dan memakmurkan bumi. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidkan ilmu pengetahuan baik umum maupun agama serta nila-nilai budaya yang semakin lama-semakin ditinggalkan.

1 komentar:

  1. Pandavas (Board of Education subjects) is an institution created by the sense of spirit and consciousness of young people who want to devote themselves to the community and the nation through educational media. Efforts to help mencerdasakan generation through education is a noble goal, and in amanatkan the constitution 1945.

    BalasHapus