Jumlah pengunjung

Selamat Datang di BLOG RUMAH BELAJAR PANDAWA

Sabtu, 28 Desember 2013

Kenagan Bersama Relawan Universitas Katolik Darma Cendika.


Puji syukur kepada Tuhan, atas Rahmat dan kesempatan kepada kelompok kami dalam menyelesaikan PKL (Praktik Kerja Lapangan). Laporan ini kami buat sebagai persyaratan kelulusan mata kuliah agama semester satu di Universitas Katolik Darma Cendika.
Dalam penyusunan laporan ini kami didorong oleh rasa ingin tahu sekaligus belajar untuk dapat berbagi dengan maupun anak-anak yang membutuhkan ilmu pengajaran secara akademik dan non-akademik.
Kami sebagai kelompok mengharapkan dengan adanya laporan ini, memberikan kami pemahaman arti tentang kehidupan yang sesungguhnya. Banyak hal yang kami bisa bagikan diantaranya, bagaimana kami belajar memahami karakter satu pribadi dengan pribadi yang lain. Bagaimana keunikan setiap anak dalam hal berpola pikir. 
Dalam melaksanakan  kegiatan ini kami mempunyai banyak peluang karena kami mengetahui bahwa ada potensi yang berbeda dari setiap manusia. Kita berharap bahwa kegiatan yang telah kita lakukan dapat memberikan arti bagi kehidupan kita semua dimasa mendatang. Dalam kegiatan ini, tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada kendala- kendala yang kami hadapi baik dari segi waktu penyesuaian pengajaran maupun cuaca yang terkadang kurang mendukung.
Kesempatan yang kami peroleh merupakan kesempatan yang sangat berharga. Ucapan terima kasih, kami berikan kepada Mas Prabu Ali Airlangga selaku direrktur dari pencetus rumah Belajar Pandawa yang berlokasi di jalan Ngagel-Wonokromo Surabaya.
Kita melakukan pengenalan pada anak-anak PANDAWA pada saat itu juga terlihat muka kegembiraan diraut wajah mereka. Karena mendapatkan guru pendamping baru. Setelah melakukan pengenalan kami melakukan pengajaran materi kepada anak-anak tersebut, pada saat kita mengajar terlihat ada beberapa anak masih malas untuk belajar dan kami juga merasa terkejut ketika mendapati bahasa mereka yang cenderung kasar, bahkan masih terlihat dari mereka betapa kurangnya pendidikan bahasa dilingkungan tempat tinggal sekitarnya.

Pada Pertemuan kedua kami datang ke Rumah PANDAWA kembali untuk mengajar, tetapi kedatangan kami kali ini terlambat, dikarenakan adanya jadwal kuliah yang berakhir pada pukul 19.30 WIB. Setelah perkuliahan kami menuju ke tempat PANDAWA. Sesampainya disana ternyata mereka belum melangsungkan pelajaran, dikarenakan mereka menantikan kami dan kamipun langsung mengajar.
Pengajaran berlangsung seperti biasa, antusias tampak di wajah mereka , seiring waktu intensitas bertemu. Tidak seperti waktu hari pertama yang masih canggung dan cenderung malu. Sikap saling bercanda mulai mereka tunjukan sebagai rasa pertemanan yang mulai akrab.
Pada pertemuan terakhir Kami tidak melakukan pengajaran karena ini waktu terakhir kami melakukan pengajaran, kami memutuskan mengadakan acara ramah-tamah dengan berjalan-jalan ketaman bungkul. Kami juga memberikan kenang-kenangan pada mereka berupa beberapa fasilitas pendukung dalam proses belajar-mengajar mereka. Sebelum berangkat kami melatih mereka untuk disiplin waktu dengan cara berbaris tanpa ribut dan menjadi kendala kami adalah susah untuk mengatur mereka untuk disiplin ternyata sangat susah sehingga kamipun tersendat keberangkatannya. Pada pukul 20.00 WIB kami mulai berangkat dengan berjalan kaki yang lokasinya ternyata cukup jauh. Sesampainya disana kami bermain dan mereka terlihat antusias dan gembira untuk bermain ditaman Bungkul. Kami juga mendampingi untuk bermain dan berbagi minuman dan snack dengan mereka. Dan kita mengajak mereka untuk saling berbagi, kemudian pada pukul 22.15 WIB kami melakukan perjalanan kembali ke rumah belajar PANDAWA dan sebelum kami pulang kami berpamitan dengan anak-anak PANDAWA dan juga dengan  mas Prabu Ali Airlangga beserta para pengajar yang lainya.


0 komentar:

Posting Komentar