Jumlah pengunjung

Selamat Datang di BLOG RUMAH BELAJAR PANDAWA

Jumat, 26 September 2014

Abu Nawas Dan DBD

 Alkisah negeri tempat tinggal Abu nawas sedang dilanda penyakit aneh yang menimpa anak anak. Setiap anak kecil menderita demam tinggi dan dua minggu setelah itu muncul bintik bintik merah di sekujur tubuhnya. Banyak warga yang mengira bahwa kejadian ini disebabkan adanya dukun ilmu hitam yang sedang berlatih sihir. Baginda raja yang mengetahui kejadian ini lantas menurunkan puluhan tabib ternama, namun tak ada satupun yang bisa menangani permasalahan tersebut.
Hingga suatu hari baginda raja Harun membuat sayembara “barangsiapa yang berhasil mengatasi penyakit aneh di negeri ini maka akan diberi hadiah emas satu karungdan sepasang ekor sapi”. Namun, hingga tiga hari setelah sayembara belum ada seseorang yang bisa menyanggupinya. Abu nawas yang mengetahui permasalahan di negerinya lantas menawarkan diri untuk ikut membantu.
“jadi apa yang akan kau lakukan untuk membantu mengatasi permasalahan ini?” tanya Baginda.
“beri saya waktu hingga siang hari” Pinta Abu Nawas.
Abu nawas lantas memeriksa beberapa anak yang terjangkit penyakit aneh tersebut. setelah berpikir beberapa saat, ia teringat sesuatu dan lantas menemui baginda raja. Setelah sampai di istana, ia segera melapor :
“baginda raja, saya sudah menemukan akar permasalahan di negeri kita” kata Abu Nawas
“baik, segera laporkan.”
“negeri kita sedang dilanda penyakit demam berdarah, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegepty.”
“lalu bagaimana cara kita menangani masalah ini?”
“ada buah yang bisa meredakan gejala ini, namanya buah jambu merah biji”. Jawab Abu Nawas “saya memilikinya di belakang rumah, pemberian teman saya dari pulau jawa yang bernama Ki Paijo.”
“baik, segera tangani para anak yang menderita gejala penyakit ini” perintah Baginda.
“tunggu dulu baginda, ada lagi yang harus ditangani.” Sergah Abu Nawas.
“apa lagi Abu Nawas?” Tanya baginda raja.
“hari minggu besok kita adakan kerja bakti bersih desa” Jawab Abu Nawas “penyebab datangnya penyakit ini adalah karena warga tidak bisa menjaga kebersihan tempat tinggalnya.”
“baik, besok aku akan membuat pengumuman untuk penduduk”
Seminggu setelah Abu Nawas menjalankan idenya, semua anak yang menderita penyakit demam berdarah perlahan lahan pulih dan negeri ini terbebas dari masalah tersebut. Sesuai janji sang baginda Raja, dirinya mendapat hadiah berupa sekarung emas dan dua ekor sapi. Namun Abu Nawas yang dermawan itu membagian sepuluh persen hadiah emasnya kepada fakir miskin.


Nama     : Hario Bachtiar Muslim
No HP    : 08983663488
Email      : fajrinb@rocketmail.com
Penulis merupakan Anggota Teater Q Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.

0 komentar:

Posting Komentar