Jumlah pengunjung

Selamat Datang di BLOG RUMAH BELAJAR PANDAWA

Rabu, 14 Juni 2017

Mengajarkan Toleransi Pada Anak


MengajarkanToleransiPadaAnak


Toleransibisaberartisikapterbukadansalingmenghormatiterhadapperbedaan. Sikapituhendaknyaditanamkansejakdinipadaanak, untukmenghindarikonflik.
Masyarakat Indonesia yang beragamdariberbagaiaspek, membutuhkansikaptoleransiuntukmenjagakeutuhan. Meskipuntakdipungkirikenyataanmunculnyakonflik di berbagaidaerahakibatperbedaantersebut. Hal itumenjadiisyaratpentingnyamengajarkansikaptoleransikepadaanaksejakdini. Sebenarnya, arti kata toleransiadalahsikapterbukadanmenghormatiperbedaan. Meskikaitantoleransilebihseringpadaperbedaansukudan agama. Toleransi juga berartimenghormatidanbelajardari orang lain, menghargaiperbedaan, menjembatanikesenjanganbudaya, menolakstereotipe yang tidakadil, sehinggatercapaikesamaansikap.
Anakdapatdiperkenalkankonseptentangtoleransisejakdini, yaitupadasekitarusiaempattahun. Sebelummencapaiusiatersebut, bukanberartianaktidakakansamasekalimenyerapberbagaicontohataumengetahuinilai-nilaitoleransitersebut. Sejakusiasatutahun, alambawahsadaranakdapatmenyerapcontoh yang dilakukanolehorangtuadan orang-orang disekelilingnya.
Namunpadausiaduatahun, sebagianbesaranakmasihcenderungmemilikisifategosentris. Artinya, anakmenganggapbahwadirinyaadalahsegalanya. Yang membuatmerekasulitberbagiataubelumbersediabermaindengan orang lain.
Disinilahperanpentingorangtuaperandalammenanamkannilaitoleransikepadaanaknya. Terutama, menstimulasianak agar diasiapmenerimakeberadaan orang lain. Secarabersamaan, juga menanamkankaraktertoleranterhadap orang lain yang berbedadaridirinya.
Banyakorangtuayang hidupdalamkomunitas yang beragamdanmemilikiteman-teman yang memilikiperbedaanasal-usul, jeniskelamin, agama, dansebagainya. Mengajaritoleransipadaanak-anak, sebaiknyadimulaidarisikaporangtuayangmenghargaiperbedaan-perbedaanitudenganbaik, yaitudenganmenjadidirimerekasendiri, tanpasikap yang dibuat-buat.
Lingkunganrumahdansekolahmemegangperananpentingdalammengembangkantoleransiberagama. Jikalingkunganrumahatausekolah yang ditemuianakbersifatheterogenmakaanakdapatmemahamiperbedaan agama dankebiasaan yang dilakukanmasing-masing agama.
Terutama, anak-anak di masa depandihadapkandengan era globalisasi yang mengharuskanmerekaberhadapandengan orang-orang yang memilikilatarbelakangberbeda. Sehingga, pemahamankeragamanmerupakanhalpentingbagi masa depananak-anak. Apalagikelakjarakantarnegaradanbenuasudahsemakindekatberkatkemajuanteknologi. Sepertiperaturanlain, toleransiharusdiajarkandengancara yang bijak. Meskipunanakbelumbisabicara, merekabiasanyamelihatdanmeniruperilakuorangtuanya. Anak-anak, usiaberapa pun, akanengembangkankemampuanmerekadenganmencontohperilakudanpenghargaandari orang-orang yang dekatdenganmereka.

Tips MengenalkanToleransi

1) Tunjukkansikapmenghargai orang lain. 
Tinggal di lingkunganperumahanmemungkinkanpertemuandengan para tetanggadenganbudaya, agama, dankebiasaan yang beragam. Bergauldanselalumenghargaisatusama lain akanmembericontohbertoleransi yang baikpadaanak.
2)    Memberikancontoh.
Orang tuadapatmengajarkantoleransidenganmemberikancontoh-contohdengancaramerekasendiri. Membicarakantentangtoleransidansikapmenghargaiakanmembantuanakmemahaminilaiapa yang inginAndatanamkanpadadirimereka.
3)    Hati-hatiberbicara.
Ingatlahbahwaanak-anakselalumendengarperkataanAnda. Jadi, hati-hatilahjikamembicarakankebiasaan orang-orang yang berbedadengandiriAnda. Meskipunhanyacandaan, iniakanterserappadapikiransianakdandapatmemengaruhisikapnya.
4)    Cermatmemilihmainan, buku, danmusik.
Ingatlahpengaruh media sangatbesardalammembentukperilakuanak. Fokuskanpembicaraandengananakmengenaipandangannegatif (stereotype) yang tidakadildanmungkinterpapar di media seperti film dancerita-ceritapadabuku.
5)    Jawabdenganjujur.
Pertanyaan-pertanyaan yang menunjukkankebiasaanberagamadanberbudaya yang berbedaharusdijawabdenganjujurdanmencerminkansikapmenghormati.
6)    Carilahkomunitas yang beragam.
Berilahkesempatananakuntukbermaindanberaktivitasdengan orang lain yang berbedadengandirimereka. Misalnyaketikamemilihsekolah, tempatberlibur, ataupenitipananak, carilahtempat yang populasinyaberagam.
Jikaorangtuamengajarkantoleransipadaanaksejakdini, mengajaricaramenghargai orang lain, sertamenunjukkan model perilakumemperlakukan orang lain secarabaik, niscayaanakakanmenanamkansikap yang samaseiringperkembangannya




0 komentar:

Posting Komentar